Rabu, 10 Juni 2009

Selamat Datang

...
...
Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Cimahi adalah Lembaga Pendidikan Dasar milik Pemerintah yang telah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan formal dengan memenuhi syarat yang meliputi isi pendidikan, jumlah dan kualifikasi pendidik, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana pendidikan, pembiayaan pendidikan, sistem evaluasi dan sertifikasi, serta manajemen dan proses pendidikan.


Atas dasar tuntutan perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia yang tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus tersebut menuntut perlunya perbaikan dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di SMP Negeri 9 Cimahi untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman .

Dengan demikian diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan, kesehatan, keterampilan dan seni.

Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang.

Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Oleh karena itu SMP Negeri 9 Cimahi berusaha senantiasa untuk dapat terus meningkatkan diri dalam upaya mengembangkan sekolah sehingga mutu pendidikan dapat meningkat demi mewujudkan tuntutan masyarakat tersebut dengan menggali potensi yang ada seoptimal mungkin.

Rencana Pengembangan Sekolah tersebut antara lain melalui:
a. Mengidentifikasi dan menyusun profil sekolah
b. Mengembangkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah
c. Mengidentifikasi fungsi-fungsi (komponen-komponen) sekolah yang diperlukan untuk mencapai setiap sasaran.
d. Melakukan analisis SWOT terhadap setiap fungsi dan faktor-faktornya
e. Mengidentifikasi dan memilih alternatif-alternatif pemecahan setiap persoalan
f. Menyusun rencana pengembangan sekolah
g. Menyusun program, yaitu mengalokasikan sumber daya sekolah untuk merealisasikan rencana pengembangan sekolah
h. Menyusun langkah-langkah untuk merealisasikan rencana pengembangan sekolah
i. Membuat target pencapaian hasil untuk setiap program sesuai dengan waktu yang ditentukan (milestone)

Dalam mewujudkan upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 9 Cimahi peran serta dari masyarakat sangat dibutuhkan seperti yang tercantum dalam UU Sisdiknas Tahun 2003 Bab III Pasal 4 tentang prinsip penyelenggaraan pendidikan, bahwa:

(6) Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.

Upaya yang dilakukan SMP Negeri 9 Cimahi dalam memberdayakan komponen masyarakat tersebut yaitu dengan mengelola Hubungan Sekolah-Masyarakat antara lain dalam bentuk:

Memfasilitasi dan memberdayakan Dewan sekolah/Komite Sekolah sebagai perwujudan pelibatan masyarakat terhadap pengembangan Sekolah

a. Mencari dan mengelola dukungan dari masyarakat (dana, pemikiran, moral dan tenaga, dsb) bagi pengembangan sekolah.
b. Menyusun rencana dan program pelibatan orangtua siswa dan masyarakat.
c. Mempromosikan sekolah kepada masyarakat.
d. Membina kerjasama dengan pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat.
e. Membina hubungan yang harmonis dengan orangtua siswa.

Dengan diinformasikannya profil SMP Negeri 9 Cimahi melalui media ini semoga dapat memberi gambaran tentang keberadaan SMP Negeri 9 Cimahi dengan segala kekurangan dan kelebihannya, dan merupakan kesempatan yang sangat baik dalam Mengelola Hubungan Sekolah- Masyarakat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di SMP Negeri 9 Cimahi.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua fihak yang telah memberikan bantuan berupa moril maupun materil sehingga dapat terwujudnya profil SMP Negeri 9 Cimahi ini, dengan segala keterbatasannya dalam penampilan maupun ide yang tersaji. Masukan yang membangun sangat dinantikan untuk perbaikan dimasa mendatang.

Dengan senantiasa memanjatkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa semoga tugas mulia untuk mengembangkan dunia pendidikan selalu mendapat ridho dan lindunganNya.Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

  KARYA SISWA-SANLAT 2024